Hindari kekerasan

Tanpa disadari banyak kekerasan terjadi di sekitar kita. Entah itu yang berupa kekerasan fisik ataupun non fisik. Bahkan ada yang menggunakan kekerasan dengan mengatasnamakan kebenaran atau untuk membela keadilan. Kekerasan, apapun bentuknya pastilah tidak disukai oleh banyak orang karena menyebabkan perasaan tidak aman.

Lantas, mengapa beberapa orang cenderung untuk melakukan kekerasan? Banyak faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan kekerasan. Faktor ekonomi/kesejahteraan misalnya, yang mendorong orang untuk berlaku jahat. Ketimpangan status sosial merupakan faktor terbesar yang mendasari tindak kekerasan(kejahatan). Pernahkah anda lihat orang kaya berlaku kasar untuk memperoleh uang?(merampok)

Dalam konteks lain, orang tua yang melakukan kekerasan untuk mendidik anaknya, kadang dengan menempeleng, menampar, memukul dan lainnya. Padahal banyak pendekatan-pendekatan lain yang bisa dipakai dalam mengajarkan sesuatu kepada anak.

Tekanan mental, cemoohan merupakan bentuk lain dari tindak kekerasan, yang non fisik. Kalau yang ini faktornya bisa bermacam-macam, bisa karena ego seseorang, atau politik untuk menjatuhkan seseorang. Apapun bentuknya, tindak kekerasaan itu tidak disukai meski dengan alasan kebaikan atau apapun. Kita diberi anugerah otak dan kemampuan, serta hati nurai untuk bisa mencari solusi dari permasalahan. Marilah selalu berpikir positif dan menyikapi permasalahan dengan positif, dan hindari kekerasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s