Anda ingin menjadi apa?

Apa cita-cita anda? Waktu kecil, kalau ditanya  kalau sudah besar ingin menjadi apa, jawabannya bisa bermacam-macam. Ingin menjadi, presiden, dokter, pilot(kalau sekarang masih inginkah?). Saya pun dulu juga ingin menjadi pilot, itupun sebenarnya hanya jawaban asal saja, karena mungkin itu yang jawaban paling populer di kalangan anak kecil. Setelah menginjak agak dewasa, pikiran saya tentunya juga berubah. Saya jadi tahu bagaimana dokter itu bekerja, saya juga tahu seberapa besar resiko pekerjaan seorang pilot, dan begitu besarnya tanggung jawab seorang presiden. Kemudian saya melihat ke diri saya sendiri, seberapa besar kemampuan saya, apa saja minat dan hobi saya. Pengaruh lingkungan, teman-teman, dan orang tua sangat besar dalam menentukan langkah kedepan dalam hidup kita.

Lantas bagaimana rencana perjalanan hidup kita? Bagaimana kita menemukan jati diri atau mungkin pendapat saya lebih tepatnya, menentukan tujuan hidup kita sendiri. Tentu saja banyak keinginan kita, banyak mimpi-mimpi kita yang ingin kita raih. Begitu banyaknya keinginan kita, bahkan ada kalanya tidak satupun yang bisa dicapai.

Saya punya cita-cita, dulu sewaktu masuk jurusan ilmu komputer, saya ingin menguasai banyak bahasa pemrograman, saya ingin menjadi programer yang hebat, saya ingin ini itu banyak sekali…Akibatnya, saya menjadi tidak fokus. Saya baru sadar, setelah memasuki dunia kerja, bahwa yang dibutuhkan oleh perusahaan bukanlah superman atau orang yang serba bisa, tetapi orang yang mempunyai spesifikasi khusus satu bidang yang mendalam. Misalkan, kalau programer, programer apa, misalkan kita tentukan bahasa java, itupun masih terdiri dari bermacam-macam jenis, dan seterusnya.

Kembali ke masalah hidup, saya berusaha menemukan jati diri, menentukan tujuan hidup dan membuat perjalanan hidup dalam beberapa tahun kedepan. Ada beberapa target(goal) yang harus diusahakan terpenuhi, agar saya selalu fokus dalam melewati peta perjalanan hidup yang sudah saya buat sendiri. Dan terakhir adalah, doa kepada Tuhan…semua yang terjadi adalah kehendak-Nya.

Tinggalkan Balasan

